Bayar Tagihan Sambil Tiduran


bebasbayar

Awalnya mengenal situs web ini secara tidak sengaja alias kebetulan saja ketika browsing internet. Sebelumnya saya mendaftar dengan nama website Speedcash. Namanya saja sudah menggunakan bahasa inggris, jadi saya tidak meneruskan untuk mempelajarinya. Maklum bahasa ibu saya itu Bahasa Indonesia. Saya mulai mendaftar di Speedcash sejak bulan Oktober 2014. Berarti sudah hampir dua tahun program ini tidak saya gunakan.

Setelah genap satu tahun atau memasuki bulan Oktober tahun 2015, saya mendapatkan kiriman email tentang situs web Bebasbayar. Tapi masih belum melirik. Dan timbul pertanyaan, bagaimana situs ini bisa masuk ke email saya? Padahal saya tidak mendaftar ke situs Bebasbayar. Jawabannya nanti saja ya (Penasaran? Sabar ya. Ikuti dulu kronologis nya). Ada sekitar empat email dari Shinta Amelia tentang situs web Bebasbayar beserta programnya. Salah satu email dari Shinta Amelia yang mulai membuat saya penasaran adalah “Bayar Tagihan Sambil Tiduran!”. Tapi Hal itu masih belum membuat saya tergugah untuk memperdalam makna dari judul email tersebut.

Akhirnya diawal tahun 2016 ini saya mulai ingin mempelajari tentang apa saja yang dilakukan oleh situs web Bebasbayar ini. Dari awal halaman beranda (homepage) nya saja saya sudah mulai tertarik meskipun tanpa membaca tutorial situsnya. Di halaman beranda sudah tersaji berbagai macam gambar (icon) yang berisi berbagai layanan pembayaran yang bisa dilakukan di rumah bahkan sambil tiduran, diantaranya untuk pembayaran Pulsa (Pra-Pascabayar), Listrik, Telepon/Internet, Air (PDAM), Voucher game, Cicilan, Kartu kredit, TV Kabel, Asuransi, BPJS, Pesawat, Kereta api, Bahkan untuk Zakat juga bisa. Sangat komplit untuk ukuran rumahan dan bayar sendiri.

Sebelum bisa melakukan pembayaran, kita harus mengisi deposit dahulu dengan cara mentransfer sejumlah uang ke nomor rekening yang telah ditentukan. Jumlah yang ditransfer juga memiliki kode unik yang akan mendeteksi bahwa uang tersebut berasal dari uang yang kita transfer. Hebat kan! Sistem komputer bisa mengenali siapa yang mentransfer dan berapa jumlah uang yang ditransfer. Ya karena adanya kode unik itulah yang menjadikan system bisa melacak uang yang kita transfer. Uang yang kita transfer akan masuk ke deposit kita dalam hitungan menit, sehingga kita akan dengan cepat melakukan transaksi yang kita inginkan. Anehnya kode unik ini tidak akan hangus atau hilang. Misalkan kita mau mentransfer uang sebesar Rp 100.000;. Maka akan muncul sejumlah angka unik yang harus ditransfer, missal Rp 100.237;. Nah pengalaman saya, kalau pembayaran menggunakan kode unik itu maka kode uniknya akan hangus. Tetapi berbeda dengan Bebasbayar, kode unik itu akan ikut masuk ke dalam deposit kita sehingga semua uang yang kita transfer akan dapat kita pergunakan semuanya. Hebat kan!. Pemberitahuan deposit juga akan masuk ke email kita.

solusi pembayaran keluarga, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

Identitas dan kelengkapan dokumen sangat penting untuk memperlancar proses pendaftaran. Validasi dokumen seperti KTP akan memudahkan kita untuk menjadikan data kita sah dan siap melakukan transaksi. Ketika melakukan validasi dokumen, maka akan keluar pemberitahuan yang masuk ke email kita. Anehnya selain ada pemberitahuan dari Bebasbayar, juga keluar pemberitahuan dari Speedcash juga. Nah dari sini saya bisa menyimpulkan rasa penasaran tadi bahwa Speedcash itu sama dengan Bebasbayar. Jadi saya baru sadar bagaimana caranya Bebasbayar kok bisa masuk ke email saya? Ya melalui pendaftaran saya satu tahun yang lalu melalui Speedcash. Tapi sekarang sudah menggunakan nama Bebasbayar.

Program menarik yang ditawarkan adalah kita akan mendapatkan cashback setiap kali transaksi. Jadi logikanya, jika kita bayar di loket pembayaran pasti akan ada tambahan biaya administrasinya. Di Bebasbayar juga dikenakan biaya administrasi tetapi tidak sebesar kalau membayar di loket pembayaran. Misalkan aktivitas pembayaran yang sudah saya lakukan adalah pembayaran tagihan listrik. Biaya administrasinya sama yaitu Rp 2.500;, tetapi kita dapat uang kembali sebesar Rp 900; setiap kali transaksi. Lumayan kan. Itu untuk satu kali transaksi pembayaran rekening listrik saja. Oh iya, kita juga bisa membayarkan tagihan listrik orang tua, keluarga, saudara, tetangga, atau membuka pelayanan pribadi untuk pembayaran apapun. Bisa dihitung sendiri jumlah cashback yang kita dapatkan hanya dari listrik saja. Kalau untuk pembayaran telepon menggunakan Bebasbayar akan dapat cashback sebesar Rp 700; setiap kali transaksi.

Selain itu saya juga memiliki kemudahan dalam membeli pulsa prabayar. Tinggal memasukkan nomor hp yang akan kita isi pulsanya, maka akan keluar beberapa pilihan paket pulsa dan biayanya. Prosesnya secepat kalau kita membeli di counter-counter hp.

Oh iya, pengalaman lainnya adalah ketika mau mentransfer uang untuk mengisi deposit dengan kode unik, saya pernah tidak memasukkan kode uniknya. Awalnya bingung, karena kalau tidak diberi kode unik maka tidak akan terdeteksi oleh sistem yang akan menjadikan uang kita menjadi hangus. Tenang saudara, hal itu dapat diatasi dengan menghubungi Customer Service yang akan membantu proses pengisian deposit meskipun memasukkan nominal yang tidak sesuai dengan kode unik kita. Tapi hal ini akan membuat proses masuknya uang ke deposit kita jadi lebih lama daripada kalau kita menambahkan kode uniknya. Saya merasa nyaman menggunakan Bebasbayar untuk melakukan transaksi pembayaran. Memang benar judul “Bayar Tagihan Sambil Tiduran!”. Terima kasih Mbak Shinta Amelia, terima kasih Bebasbayar.

kontes-blog-review-bebasbayar

Tinggalkan Balasan

