Efek Stres (1)


Stres dapat menyebabkan penurunan daya tahan tubuh manusia sehingga bisa menyebabkan munculnya berbagai macam penyakit. Selain itu, stress juga bias mengakibatkan otak kita akan mengecil sehingga berpengaruh terhadap daya ingat dan kemampuan berpikir kita.
Sudah banyak penelitian tentang stress yang dilakukan oleh peneliti dari luar negeri. Mereka menemukan suatu hormon yang berperan memicu kondisi stres. Hormon itu adalah kortisol. Kortisol memiliki peranan penting dalam pemunculan beberapa penyakit akibat stres, diantaranya penyakit jantung dan tekanan darah tinggi.

Selain itu, kortisol juga berperan pada pengecilan volume otak akibat stres. Bagian otak yang mengecil adalah hipokampus. Peranan dari hipokampus adalah sebagai pengendali daya ingat dan proses belajar. Semakin tinggi konsentrasi kortisol yang dihasilkan maka akan semakin membuat otak menjadi mengecil.

Kadar kortisol yang tinggi telah dibuktikan mampu mempengaruhi daya ingat seseorang sehingga kemampuan mengingat sesuatu semakin berkurang. Berbeda dengan kemampuan seseorang yang memiliki konsentrasi kortisol yang rendah sampai sedang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: