Mengenal Jantung Kita


Jantung orang dewasa kira-kira sebesar kepalan tangan orangnya dengan berat sekitar 340 gram. Semakin besar tubuh kita, maka semakin besar pula jantung kita. (Paus biru yang panjangnya 30 m dengan berat 100 ton, memiliki jantung seberat 500 kg).

Setiap menit jantung kita berdenyut sebanyak 72 kali. Jika berdenyut kurang dari 72 kali selama 1 menit, maka kondisi tubuh kita sedang fit. Tetapi jika berdenyut lebih dari 72 kali maka kondisi tubuh kita sedang tidak fit atau usia kita masih sangat muda. Jika dihitung-hitung, jantung kita berdenyut sebanyak 38 juta kali selama setahun.

Jantung kita sangatlah menakjubkan. Coba bandingkan dengan otot bisep lengan atasmu. Cobalah kalian mengangkat beban seberat 2 kg selama 1 menit dengan cara menekuk naik turun sebanyak 72 kali. Lama-kelamaan bisep kalian akan semakin lelah bahkan bisa menimbulkan nyeri. Kemudian bagian lengan tersebut akan gemetar dan tidak mau mengangkat beban lagi untuk sementara waktu.

Berbeda dengan otot jantung kita, meskipun berkontraksi dan mengendur sebanyak 72 kali dalam semenit, namun jantung tidak berhenti untuk beristirahat dan tidak terlalu lelah untuk bekerja. Subhanallah.

Jantung bertugas untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Dengan setiap kerutan otot jantung, darah beserta oksigen dan nutrisinya akan didorong sampai ke ujung kaki dan lengan yang jauh dan ke organ vital seperti otak dan hati. Dalam waktu 1 jam (dengan aktivitas duduk sambil membaca atau menonton TV) saja, jantung kita sudah mengedarkan sekitar 285 liter darah melalui bilik-bilik dan pembuluh darahnya.

Untuk lebih jelasnya, berikut penjelasan cara kerja jantung :

Jantung merupakan otot berongga yang memiliki empat ruang (bilik). Jalan masuk darah dari satu bilik ke bilik berikutnya dikendalikan oleh empat pintu yang disebut katup jantung.

Bilik atas sebelah kanan (atrium kanan) mengumpulkan darah yang sudah terpakai dan sudah kehabisan oksigen yang mengalir masuk ke seluruh tubuh. Kemudian darah turun menuju bilik yang ada dibawahnya yaitu ventrikel kanan. Ventrikel kanan berfungsi memompa darah ke paru-paru. Disini darah mengambil pasokan oksigen segar dari udara yang kita hirup.

Paru-paru mengirimkan darah yang sudah disegarkan itu kembali ke jantungmenuju bilik kiri atas (atrium kiri). Kemudian darah diturunkan ke bilik kiri bawah (ventrikel kiri) yang nantinya akan mengirim / memompanya ke seluruh jaringan dan organ tubuh yang sudah menunggu, termasuk dinding otot jantung.

Jantung bisa menjaga ritme aktivitasnya dikarenakan adanya sebidang kecil sel-sel khusus di otot jantung yang bertugas sebagai alat pacu yang membangkitkan impuls listrik untuk menjaga jantung tetap berdenyut dengan irama yang teratur.

Maka nikmat manakah yang kamu dustakan?

Satu Tanggapan

  1. Sy suka informsnya
    thanks

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: